Kamis, 05 Mei 2011

Misi NASA Konfirmasi Teori Relativitas Einstein


 TEMPO Interaktif, Washington - Misi Gravity Probe-B (GP-B) milik Lembaga Administrasi Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuktikan kebenaran teori relativitas umum Albert Einstein. Teori relativitas yang dicetuskan Einstein pada 1916 menyatakan benda bermassa akan membengkokkan dimensi ruang -waktu. Akibat pembengkokkan ini, cahaya yang melintas di sekitar benda tampak seolah-olah berbelok dari lintasan lurus.

Efek pembelokkan cahaya ini telah dikonfirmasi melalui observasi gerhana matahari total. Bintang-bintang yang seharusnya berada di balik matahari ternyata masih terlihat dari bumi.

Namun, teori relativitas umum Einstein memiliki prediksi lainnya. Ruang-waktu di sekitar benda bermassa yang berputar tidak hanya membengkok melainkan juga terpuntir. Situasi ini bisa diibaratkan sebagai pusaran pada ruang-waktu dan dikenal sebagai efek geodesik.

Atas prediksi ini, NASA meluncurkan GP-B ke orbit dengan harapan mampu mendeteksi efek puntiran di tepi pusaran ruang-waktu. Wahana GP-B terdiri atas giroskop ultrasensitif yang mampu mengenali perubahan puntiran. "Setelah melakukan eksperimen selama enam tahun, GP-B mendeteksi puntiran seperti prediksi Einstein. Hasil ini membenarkan teori relativitas Einstein," ujar peneliti utama GP-B Francis, Everitt.

Lebih jauh, Everitt memuji kinerja satelit ini karena berhasil berperan di garda terdepan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebelum kehadiran GP-B, ilmuwan kesulitan membuktikan puntiran ruang-waktu yang diprediksi Einstein.

Sejak diluncurkan pada tahun 2004, GP-B mempekerjakan 100 mahasiswa doctoral dan 15 kandidat master yang berasal dari berbagai universitas di Amerika Serikat. Bersamaan dengan itu, sebanyak 350 mahasiswa sarjana dan belasan siswa SMA turut membantu penelitian yang dibimbing oleh ahli fisika dan insinyur antariksa.

NASA | ANTON WILLIAM         

Sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2011/05/05/brk,20110505-332316,id.html

1 komentar:

Anonim mengatakan...

NASA emang top kalo masalah ginian, info bagus nih sayang kalau nggak dibookmark di www.sekilasinfo.net